Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP

PAWITRA WINATHA, WINNI (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER winni.pdf

Download (136kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidak pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media educaplay terhadap hasil belajar pada kelas VII SMP pada materi aljabar. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Mendobarat dengan sampel penelitian terbagi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol subjek penelitian kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaitf eksperimen jenis penelilitian Quasi Eksperimental dengan bentuk posttest only control design. Data yang dikumpulkan melalui tes dan dianalisis dengan menggunakan uji statistika atau SPSS 22. Berdasarkan Teknik analisis data penelitian ini mendapatkan rata -rata kelas kontrol sebesar 61,55 yang kategori baik dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 73,64 dengan kategori sangat baik. Nilai t-hitung sebesar 2,530 dan dibandingkan dengan t-tabel yang relavan pada taraf signifikansi 0,05 (2-tailed) yaitu 2,0345. karena t-hitung > t-tabel (2,530 >2,0345), maka H_oditolak dan H_a diterima. Artinya terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning berbantuan media Educaplay memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Contextual teaching and learning, educaplay, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMARHAMAH, MARHAMAHNIDN0219048201
ContributorSEPTIANI MULBASARI, ANGGRIANIDN0231088901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Repo User 176
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:26
Last Modified: 16 Jul 2025 03:26
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item