Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Erpani, Letisa Dwi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas PGRi Palembang.

[img] Text
cover .pdf

Download (453kB)
[img] Text
ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar pada materi pecahan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan yang bersifat abstrak. Metode penelitian eksperimen (eksperimen researect). Dalam penelitian ini penelitaian menggunakan desain quasi eksperimental Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model Direct Instruction dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 76,42 lebih tinggi dibanding nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 75,38. Hal ini berarti terjadi peningkatan dalam penerapan model direct instruction. hasil uji hipotesis yaitu uji independent simple t-test yang diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 7.834 > 2.660 yang berrati bahwa ada pengaruh penerapan model direct instruction terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa model Direct Instruction berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan. Dengan demikian, model pembelajaran Direct Instruction direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif, khususnya pada materi yang memerlukan pemahaman konseptual secara bertahap dan jelas. Kata Kunci: Direct Instruction, hasil belajar, matematika, pecahan, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAradea, RiswanUNSPECIFIED
ContributorAbdullah, Bz SepteiyawanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:35
Last Modified: 16 Jul 2025 02:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item