Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

IMPLEMENTASI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MENUMBUHKAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SDN 2 GELUMBANG

Sari, Rika Manda (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MENUMBUHKAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SDN 2 GELUMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.docx

Download (248kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (113kB)

Abstract

Permasalahan lingkungan di sekolah masih menjadi perhatian penting, terutama berkaitan dengan perilaku dan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Akibatnya, nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan belum sepenuhnya tertanam dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan proyek pengelolaan sampah dalam P5 dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa, serta mengidentifikasi hambatan dan kelebihan implementasi proyek tersebut dalam menumbuhkan nilai kreativitas. Penelitian ini juga menganalisis respons siswa terhadap program P5 terkait sikap peduli lingkungan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program P5 bertema pengelolaan sampah terbukti efektif dalam membentuk karakter peduli lingkungan dan mendorong kreativitas siswa. Siswa menjadi lebih sadar, bertanggung jawab, dan aktif dalam menjaga lingkungan. Kegiatan daur ulang juga mampu menumbuhkan pemikiran kreatif siswa. Hasil angket menunjukkan respons yang sangat positif, dengan rata-rata skor 88,2%, yang mencerminkan tingginya tingkat kepedulian terhadap lingkungan di kalangan siswa. Meskipun terdapat beberapa hambatan, program ini dinilai berhasil dan memiliki potensi besar sebagai model pembelajaran yang bermakna dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSholeh, KabibUNSPECIFIED
ContributorSyaflin, Sylvia LaraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 178
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:18
Last Modified: 15 Jul 2025 08:18
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3189

Actions (login required)

View Item View Item