Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 27 TALANG KELAPA

Rafli, M. Abda (2025) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 27 TALANG KELAPA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas III SD Negeri 27 Talang Kelapa, yang cenderung hanya didasarkan pada hafalan tanpa memahami makna perkalian secara mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep perkalian melalui penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes yaitu pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 27 Talang Kelapa yang berjumlah 28 orang. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 49,96, sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 87,78. Analisis data ini menggunakan rumus N-Gain diperoleh skor sebesar 0,75. Hasil dari analisis data ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual ditemukan terjadinya peningkatan konsep perkalian dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Matematika, Pemahaman Konsep, Pendekatan Kontekstual, Sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLusiana, LusianaUNSPECIFIED
ContributorSuriadi, AanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 169
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:17
Last Modified: 15 Jul 2025 08:17
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item