Rafli, M. Abda (2025) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 27 TALANG KELAPA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas III SD Negeri 27 Talang Kelapa, yang cenderung hanya didasarkan pada hafalan tanpa memahami makna perkalian secara mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep perkalian melalui penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes yaitu pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 27 Talang Kelapa yang berjumlah 28 orang. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 49,96, sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 87,78. Analisis data ini menggunakan rumus N-Gain diperoleh skor sebesar 0,75. Hasil dari analisis data ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual ditemukan terjadinya peningkatan konsep perkalian dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Matematika, Pemahaman Konsep, Pendekatan Kontekstual, Sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 169 | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:17 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |