SALWANI, NADILLA (2025) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN 68 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI REPOSITORY .pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK - INDONESIA SKRIPSI NADILLA.2025.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
F. BAB I SKRIPSI NADILLA 2025.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NADILLA 2025.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN 68 Palembang. Masalah yang diangkat adalah rendahnya kemampuan membaca pada siswa di tingkat awal sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui cluster random sampling, yaitu satu kelas eksperimen (20 siswa) dan satu kelas kontrol (20 siswa). Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode bernyanyi, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa soal posttest. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 80,00, sedangkan kelas kontrol 49,25. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi efektif terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode ini dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa. Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Kemampuan Membaca, Siswa Kelas 1.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 144 | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:08 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |