Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA PALEMBANG PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA DI SD NEGERI 6 PALEMBANG

Agustiani, Ira Octa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA PALEMBANG PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA DI SD NEGERI 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover - Ira Octa Agustiani.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia - Ira Octa Agustiani.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I - Ira Octa Agustiani.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Ira Octa Agustiani.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis kearifan lokal kota Palembang pada materi kekayaan budaya yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas IV di SD Negeri 6 Palembang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (RnD), dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.B yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berjenis multimedia interaktif yang berbasis pada kearifan lokal kota Palembang. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data dapat dibuktikan melalui hasil penilaian kevalidan pada aspek validasi media yang memperoleh persentase 93.7%, pada aspek validasi materi memperoleh persentase 93.7%, dan pada aspek validasi bahasa memperoleh persentase 94%, dengan kategori "Sangat Valid" untuk digunakan. Selanjutnya hasil penilaian kepraktisan dari angket respon guru memperoleh persentase 95%, dan hasil akhir dari angket respon peserta didik memperoleh persentase 97% dengan kategori ”Sangat Praktis” untuk digunakan. Kemudian hasil penilaian keefektifan dengan N-gain skor yang mendapatkan nilai 0.7648 dengan kriteria "Tinggi" dan hasil N-gain persen mendapatkan nilai 76.4783 dengan kriteria "Efektif" sehingga produk ini layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Kearifan Lokal, IPAS, Kekayaan Budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHermansyah, HermansyahUNSPECIFIED
ContributorPrasrihamni, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 13
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:42
Last Modified: 15 Jul 2025 02:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item View Item