Friskilia, Mutiara (2025) PENGARUH METODE MONTENSSORI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELS V SD NEGERI 55 PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep anak pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia dengan mrtode montenssori dan berbantuan alat praga pada saat pelaksaan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55 Prabumulih pada kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantiatif dengan jenis penelitian eksperimen, eksperimen semu bentuk desain non-equivalent control group design, pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, artinnya dimana teknik pengambilan sampel sama dengan popolasi, yaitu berjumlah 50 siswa dari kelas V.A dan V.B. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan dependent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel yang artinya berdasarkan pengujian hipotesis H_0 ditolak dan H_a diterima. Hal ini berarti ada pengaruh metode montenssori terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sd Negeri 55 Prabumulih. Kata kunci: Pemahaman konsep, Metode Montessori, Alat peraga, Sistem pencernaan manusia
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 23 | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:05 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:05 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |