Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS

ARDILA, DETA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover Skripsi Deta Ardila..pdf

Download (114kB)
[img] Text
Abstrak Deta Ardila.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I Deta Ardila.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Deta Ardila.pdf

Download (125kB)

Abstract

Pembelajaran IPAS dengan materi "Organ Pencernaan Manusia" yang memerlukan media pembelajaran yang kontrekstual, peserta didik perlu belajar dengan media yang konkret. Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media pembelajaran organ pencernaan manusia terhadap hasil belajar IPAS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Pre-Experimental Designs dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis (paired sample test). Pada hasil tes pretest dan posttest pada kelas eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan model problem based learning berbantuan media pembelajaran, dengan hasil yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat digunakan dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran Organ Pencernaan Manusia Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Keals V SD Negeri 4 Rambang. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL) , Media Organ Pencernaan Manusia, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAkbar, M. TaheriUNSPECIFIED
ContributorKuswidyanarko, AriefUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 12 Jul 2025 06:28
Last Modified: 12 Jul 2025 06:28
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item