Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PENERAPAN P5 DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA DI KELAS IV SDN 158 PALEMBANG

FEBRIANI, LENI (2025) ANALISIS PENERAPAN P5 DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA DI KELAS IV SDN 158 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
cover.pdf

Download (283kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter mandiri siswa kelas IV di SDN 158 Palembang. Tema kewirausahaan dipilih dalam kegiatan P5, di mana siswa dilibatkan secara langsung dalam aktivitas berjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan P5 dengan tema kewirausahaan memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter mandiri siswa. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan inisiatif siswa, kemampuan mengelola tanggung jawab, serta keberanian dalam mengambil keputusan. Kegiatan berjualan mendorong siswa untuk belajar mandiri sejak tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan P5 secara efektif mendukung penguatan karakter mandiri siswa jika dirancang dan dilaksanakan secara terarah dan melibatkan semua pihak, baik guru, siswa, maupun orang tua. Kata Kunci: P5, karakter mandiri, kewirausahaan, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMURJAINAH, MURJAINAHUNSPECIFIED
ContributorJAYA, ASWADIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 69
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:54
Last Modified: 12 Jul 2025 04:54
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2951

Actions (login required)

View Item View Item