Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA KELAS V DI SDN 11 PALEMBANG

Purwaningtias, Rizke (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA KELAS V DI SDN 11 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER RIZKE PURWANIGTIAS.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Abstrak Rizke Purwanningtias.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I Rizke Purwaningtias.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Rizke Purwaningtias 2018143057.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA yang masih kurang dan guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran sehingga kurang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 11 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental design dengan pola nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kelas V.A dengan jumlah 14 orang dan V.B dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan program Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 11 Palembang. Pernyataan tersebut dibuktikan dari hasil data-data yang sudah ada, dimana hasil data akhir nilai rata-rata postest menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih besar yaitu 95,0 dari pada nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu sebesar 70,6. Pernyataan tersebut juga didukung dari hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji t menunjukkan, nilai thitung sebesar 6,317 dan ttabel sebesar 2,051, sehingga memenuhi kriteria yaitu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan pernyataan tersebut maka hipotesis yang menyataka bahwa penerapan model Problem Based Learning mempunyai keefektifan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLubis H.M, PatriciaUNSPECIFIED
ContributorIrawan, Budi DavidUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 56
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:29
Last Modified: 11 Jul 2025 02:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item