Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD NEGERI 78 PALEMBANG

Wahyu, Lestari (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD NEGERI 78 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover+lembar pengesahan.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Abstrak b.indo ayu.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang bertujuan untuk membuat keputusan menjadi masuk akal untuk membantu proses pemecahan masalah secara aktif dan terampil dalam menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi informasi yang di peroleh atau dihasilkan dari pengamatan siswa sekolah dasar. Model pembelajaran merupakan salah satu hal penting agar terciptanya proses belajar yang Aktif, Kreatif, Evektif dan Menyenangkan. Model PAKEM merupakan salah satu model yang tepat digunakan dalam proses berlangsungnya sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI dengan menggunakan model PAKEM pada pembelajaran IPA di SD Negeri 78 Palembang. penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif Subjek pada penelitian ini yaitu siswa SD kelas VIC yang berjumlah 25 siswa, teknik pengumpulan data pada pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T-Test. Hasil dari penelitian ini didapati siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi yang berjumlah 8 siswa, dengan rentang nilai 85-100, mendapatkan persentase 32%. Kemampuan berpikir kritis sedang yang berjumlah 12 siswa, rentang nilai 75-80, mendapatkan persentase 48% dan kemampuan berpikir kritis rendah yang berjumlah 5 siswa, rentang nilai 65-70, mendapatkan persentase 20%. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIC dengan menggunakan model PAKEM pada pembelajaran IPA di SD Negeri 78 Palembang secara keseluruhan siswa mencapai 82,4% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLukman, HakimNIDN0022087601
ContributorDina Sri, NindiatiNIDN0213017102
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:35
Last Modified: 22 Jul 2024 01:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item