Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN TRANSISI PAUD KE SD UNTUK PEMENUHAN FONDASI ANAK DI KELAS I SD NEGERI 5 RAMBANG

Evi, Evi Erisa Mayori (2025) PENERAPAN TRANSISI PAUD KE SD UNTUK PEMENUHAN FONDASI ANAK DI KELAS I SD NEGERI 5 RAMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER REPOSITORY.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA REPOSITORY.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA CD.pdf

Download (216kB)

Abstract

Transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan fase yang penting dalam perkembangan anak, yang melibatkan penyesuaian sosial, emosional, serta adaptasi terhadap kurikulum yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami strategi yang diterapkan dalam mendukung transisi PAUD ke SD di SD Negeri 5 Rambang. Fokus utama penelitian ini adalah penerapan strategi transisi yang efektif, yang meliputi adaptasi lingkungan dan pengembangan keterampilan sosial anak. Dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai proses transisi. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya pemenuhan fondasi perkembangan anak, baik dari segi kognitif, sosial, emosional, maupun psikomotorik, serta memberikan rekomendasi praktis bagi guru dan orang tua dalam mempersiapkan anak-anak menghadapi pendidikan yang lebih formal dan kompleks. Kata Kunci: Transisi PAUD ke SD, Strategi Pembelajaran, Adaptasi Lingkungan, Keterampilan Sosial, Fondasi Anak, Pendidikan Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLian, BukmanUNSPECIFIED
ContributorUtomo, BudiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 26
Date Deposited: 05 Jul 2025 03:16
Last Modified: 05 Jul 2025 03:16
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item