Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TANJUNG LAGO

CHOIRUNNISA, CHOIRUNNISA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TANJUNG LAGO. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER + LEMBAR PENGESAHAN CHOIRUNNISA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK B. INDO CHOIRUNNISA.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB 1 CHOIRUNNISA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA CHOIRUNNISA.pdf

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah permasalahan rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Tanjung Lago. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi Bab 6 topik B tentang kekayaan budaya Indonesia dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Tanjung Lago. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes (pretest dan posttest), lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis uji normalitas Shapiro Wilk menunjukan bahwa nilai sig. > 0,05 artinya data berdistribusi normal. Kemudian dari hasil analisis uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai sig. 0,825 > 0,05 artinya data bersifat homogen. Selanjutnya, data hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample T-test yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanjung Lago. Kata kunci: Hasil Belajar, Model¬ Pembelajaran PjBL

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSHOLEH, KABIBUNSPECIFIED
ContributorLARA SYAFLIN, SYLVIAUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:41
Last Modified: 03 Jul 2025 07:41
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item