Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 58 PALEMBANG

RACHEL, SASTRIANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 58 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER RA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABSTRAK RA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I RA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAPUS RA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SDN 58 Palembang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang diterapkan di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan model Think Pair Share. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar setelah perlakuan diberikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen adalah 87,15, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 77,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Think Pair Share memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Selain itu, siswa di kelas eksperimen terlihat lebih aktif, kooperatif, dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model Think Pair Share dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika di sekolah dasar. Kata kunci: Think Pair Share, hasil belajar, model pembelajaran, matematika, SDN 58 Palembang, eksperimen kuantitatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAKHBARI, M. TAHERIUNSPECIFIED
ContributorHERMASYAH, BAMBANGUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 24
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:25
Last Modified: 03 Jul 2025 07:25
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item