Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA KANTONG PERKALIAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN GENDER DI SDN 053 PALEMBANG

Daniyati, Nia (2025) PENGARUH MEDIA KANTONG PERKALIAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN GENDER DI SDN 053 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK-Bahasa Indonesia.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kantong perkalian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas II di SDN 053 Palembang serta melihat perbedaan berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) dan rancangan posttest-only control design. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media kantong perkalian dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur untuk menguji pengaruh media dan interaksi dengan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kantong perkalian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) terdapat perbedaan kemampuan berdasarkan gender; dan (3) terdapat interaksi antara media kantong perkalian dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Dengan demikian, media kantong perkalian efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang kontekstual dan interaktif, khususnya dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa sekolah dasar. Kata kunci : Media Kantong Perkalian, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gender, Pembelajaran Matematika, Siswa SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKesumawati, NilaUNSPECIFIED
ContributorNurlela, NurlelaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:55
Last Modified: 03 Jul 2025 06:55
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item