Aswina, Anna Nur (2025) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTU FROGGY JUMPS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 09 MAKARTI JAYA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini “untuk mengetahui adanya pengaruh Pendekatan Scientific Learning berbantu Froggy Jumps terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 09 Makarti jaya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pre-experimental dengan design One-Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 09 Makarti jaya dengan jumlah 17 siswa. Adapun pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes yang berupa Pretest dan Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai tes awal Pretest diperoleh nilai sebesar 50,35 dan hasil rata-rata nilai tes akhir Posttest diperoleh nilai sebesar 86,70. Hasil Uji Hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar 3,303 dan nilai ttabel sebesar 2,131 (thitung > ttabel) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruhu Pendekatan Scientific Learning berbantu Froggy Jumps terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 09 Makarti Jaya. Kata Kunci: Froggy Jumps, Hasil Belajar, Pendekatan Scientific Learning,
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 100 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:30 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |