Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTU FROGGY JUMPS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 09 MAKARTI JAYA

Aswina, Anna Nur (2025) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTU FROGGY JUMPS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 09 MAKARTI JAYA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER .pdf

Download (113kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini “untuk mengetahui adanya pengaruh Pendekatan Scientific Learning berbantu Froggy Jumps terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 09 Makarti jaya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pre-experimental dengan design One-Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 09 Makarti jaya dengan jumlah 17 siswa. Adapun pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes yang berupa Pretest dan Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai tes awal Pretest diperoleh nilai sebesar 50,35 dan hasil rata-rata nilai tes akhir Posttest diperoleh nilai sebesar 86,70. Hasil Uji Hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar 3,303 dan nilai ttabel sebesar 2,131 (thitung > ttabel) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruhu Pendekatan Scientific Learning berbantu Froggy Jumps terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 09 Makarti Jaya. Kata Kunci: Froggy Jumps, Hasil Belajar, Pendekatan Scientific Learning,

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSelegi, Susanti FaipriUNSPECIFIED
ContributorArafat, YasirUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 100
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:30
Last Modified: 03 Jul 2025 06:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item