Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 27 TALANG KELAPA

APRILIANI, ERNI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 27 TALANG KELAPA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (131kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Pictorial Riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VA SDN 27 Talang Kelapa. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan Pre Eksperimental Design dengan desain Intact-Group Comparison. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Talang Kelapa yang berjumlah 46 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan Kelas VB Sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 73,4 (baik) dan kelas eksperimen sebesar 84,6 (sangat baik). Berdasarkan perhitungan SPSS 26 menggunakan Independent Sample t-est diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran pictorial riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 27 Talang Kelapa. Berdasarkan nilai posttest, diperoleh rata-rata kelas kontrol sebesar 73,4 (baik) dan kelas eksperimen sebesar 84,6 (sangat baik) dengan hasil tersebut disimpulkan model pembelajaran pictorial riddle efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 27 Talang Kelapa. Kata kunci : Model Pembelajaran Pictorial Riddle, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorARAFAT, YASIRUNSPECIFIED
ContributorSELEGI, SUSANTI FAIPRIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 101
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:15
Last Modified: 03 Jul 2025 06:15
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item View Item