Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD.

Sartika, Ratmi (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (311kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.docx

Download (12kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pegaruh Model Cooperative Learning Type Make A Match Terhadap Minat Belajar Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Siswa SD. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap materi perkalian yang berdampak pada hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Subjek penelitian adalah kelas II di SD Negeri 141 Palembang, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Cooperative Learning Type Make A Match, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket minat belajar, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara minat belajar siswa menggunakan model Cooeprative Learning Type Make A Match dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Dengan demikian, model Cooperative Learning Type Make A Match berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar perkalian siswa. Model ini disarankan untuk diterapkan sebagai alternatif strategi pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Cooperative Learning Type Make A Match, minat belajar, perkalian, pembelajaran matematika, siswa SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRIZHARDI, RURYUNSPECIFIED
ContributorNOVIATI, NOVIATIUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:24
Last Modified: 03 Jul 2025 01:24
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item View Item