PANDAN AGUNG, DIMAS (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF KANOPER PADA PEMBELAJRAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS IV. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
d. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
a. ABSTRAK - INDONESIA DIMAS PANDAN AGUNG.docx Download (12kB) |
![]() |
Text
f. BAB I DIMAS PANDAN AGUNG.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
k. Daftar Pustaka DIMAS PANDAN AGUNG.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media inovatif KANOPER pada pembelajaran matematika materi perkalian yang menjadi sebuah produk yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) identik dengan pengembangan sistem pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media inovatif KANOPER yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan didapat dari kedua hasil validasi media dan materi. Skor yang diperoleh secara berurut yaitu 96,92% dan 85,45%. Selanjutnya media inovatif KANOPER yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis, memperoleh nilai kepraktisan rata rata 89,71% dari respon siswa dan diperkuat dengan respon guru memperoleh nilai kepraktisan sebesar 89,28%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media inovatif KANOPER pada pembelajaran matematika materi perkalian dapat digunakan untuk media pembelajaran siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci: ADDIE, KANOPER, Matematika, Perkalian
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Hj. Eliyani M.M | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:17 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |