Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA 2,5 DAN 4,5 TAHUN

Dewi, Rosita (2025) ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA 2,5 DAN 4,5 TAHUN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
ABSTRAK ROSITA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAPUS ROSITA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
COVER ROSITA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1 ROSITA.pdf

Download (286kB)

Abstract

Pemerolehan bahasa pertama pada anak merupakan proses alami di mana anak belajar memahami dan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Pada tahap awal perkembangan, anak mulai mengenali dan meniru bunyi-bunyi bahasa yang mereka dengar dari lingkungan sekitarnya Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerolehan bahasa pertama pada anak usia 2,5 dan 4,5 tahun ditinjau dari aspek fonologi dan morfologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi dan analisis ujaran anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada usia 2,5 tahun, anak masih mengalami kesulitan dalam pelafalan bunyi-bunyi tertentu seperti [t], [s], dan [k], serta belum menguasai struktur morfologis seperti imbuhan dan bentuk ulang. Komunikasi pada usia ini masih bersifat sederhana, banyak bergantung pada konteks dan gestur. Sebaliknya, anak usia 4,5 tahun telah menunjukkan kematangan berbahasa yang lebih tinggi. Mereka mampu mengucapkan bunyi-bunyi konsonan dengan lebih jelas dan memahami penggunaan morfem seperti imbuhan, kata ulang, dan bentuk kepemilikan. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Fonologi, Morfologi, Pemerolehan Bahasa Pertama

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDPuspita, YennyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFitriani, YessiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Repo User 142
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:11
Last Modified: 01 Jul 2025 08:11
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item