Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO DENGAN TEMA CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V

SALSABILA, SAFIRA (2025) PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO DENGAN TEMA CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan keterampilan berpidato atau berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode show and tell dalam pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 196 Palembang pada kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantiatif dengan jenis penelitian eksperimen, eksperimen semu bentuk non-equivalent control group design, post test only. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu berjumlah 48 siswa, dari kelas V.A dan V.B. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan dependent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai t_hitung > t_tabel yang artinya berdasarkan pengujian hipotesis H_0 ditolak dan H_a diterima. Hal ini berarti ada pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berpidato dengan tema cinta tanah air siswa kelas V di SD Negeri 196 Palembang. Kata kunci: pidato; metode show and tell; tema; cinta tanah air

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorARMARIENA, DIAN NUZULIAUNSPECIFIED
ContributorMARLENI, MARLENIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 17
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:36
Last Modified: 01 Jul 2025 07:36
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item