Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 PALEMBANG

Risa Oktiari, Sukma (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D.COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (18kB)
[img] Text
A. ABSTRA (1).pdf

Download (103kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (28kB)
[img] Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Aktivitas belajar siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran dinilai masih pasif dan guru yang aktif menjelaskan materi, dimana guru menggunakan media gambar dan siswa sebagai pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap minat belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 19 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dengan total 52 populasi yang dibagi menjadi 2 yaitu kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol 26 siswa, menggunakan teknik pengumpulan data melalui Kuesioner(angket) pretest dan posttest. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, lalu dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang menggunakan Independent sample t-test. Hasil penelitian ini didapati thitung 6.116 dan ttabel 1.676 dengan ɑ 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan nilai N-Gain score ada pada kategori 66.8213% termasuk dalam kategori cukup efektif, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 19 Palembang. Pada kegiatan pembelajaran IPAS, hendaknya guru dapat mempertimbangkan dalam pemilihan media yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif agar siswa dapat ikut berperan dalam pembelajaran dan mampu mengungkapkan pendapat nya secara lebih luas.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorYasir, ArafatNIDN0214067501
ContributorEni, HeldayaniNIDN0213068901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:44
Last Modified: 19 Jul 2024 08:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item