Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

SITUASI DIDAKTIS PEMBELAJARAN PADA MATERI KESAMAAN DUA MATRIKS SMA

NURGITA, EPRILIA (2024) SITUASI DIDAKTIS PEMBELAJARAN PADA MATERI KESAMAAN DUA MATRIKS SMA. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (91kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
a. Abstrak-Indonesia.docx

Download (16kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi situasi dedaktis hambatan belajar (learning obstacle) yang dihadapi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gelumbang dalam pembelajaran materi kesamaan dua matriks. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Proses analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan bukti-bukti yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran ketika peneliti menerapkan desain situasi Learning Obstacle yang terjadi pada materi kesamaan dua matriks yaitu; 1)kesulitan dalam memahami konsep kesamaan dua matriks, 2)kesulitan dalam menyelesaikan operasi kesamaan dua matriks, 3)kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan matriks. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan pengajaran untuk siswa, guru, dan pihak sekolah guna meningkatkan kualitas pembelajaran matematika serta mendorong minat dan motivasi siswa dalam belajar. Kata Kunci: Kesamaan dua matriks, Situasi Didaktis, Hambatan Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorKESUMAWATI, NILAUNSPECIFIED
CollaboratorFUADIAH, NYAYU FAHRIZAUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Hidayat
Date Deposited: 10 Dec 2024 06:25
Last Modified: 10 Dec 2024 06:25
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item