DEVI, KHOIRIA (2024) PENGARUH PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMAN 8 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Text
C. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (191kB) |
|
Text
A. ABSTRAK - B. INDONESIA.docx Download (13kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa di SMAN 8 Palembang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Dua kelas dipilih secara acak, di mana kelas eksperimen menerapkan strategi proyek P5 dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui post-test dan dianalisis dengan uji MANOVA dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi 0,000. Selain itu, terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, serta memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, berpikir kritis, berpikir kreatif, pembelajaran matematika, Pendidikan
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Feri Hidayat | |||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:44 | |||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
View Item |