ANDINI, ANDINI (2024) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (635kB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.doc Download (28kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (199kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dengan guru Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang, sebagian besar siswa telah mengenal berbagai jenis gaya belajar, seperti visual, auditorial, dan kinestetik. Namun, meskipun mereka memiliki pengetahuan tentang keberadaan gaya belajar tersebut, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam menentukan gaya belajar mana yang paling efektif dan positif untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah gaya belajar paling sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang dan apa solusi yang tepat untuk pendidik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang dan untuk memberikan solusi yang tepat untuk pendidik Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk menilai hasil Ulangan Harian serta memberikan referensi mengenai sejarah sekolah. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X, dengan sampel sebanyak 70 siswa dari kelas X.2 dan X.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa gaya belajar visual terbukti menjadi pendekatan yang paling efektif dalam mendukung pemahaman materi pelajaran Ekonomi, dengan persentase jawaban positif mencapai 85,71%. Gaya belajar kinestetik juga memberikan kontribusi positif, meskipun tidak seefektif gaya visual, dengan persentase 71,43%. Sementara itu, gaya belajar auditori menunjukkan hasil yang kurang efektif, dengan persentase jawaban positif hanya 57,14%, yang menandakan perlunya penyesuaian dalam proses pembelajaran. Pemahaman gaya belajar siswa sangat penting untuk disesuaikan dengan metode pengajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai Thitung = 6,003> Ttabel = 1.668 yang Selanjutnya nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 artinya nilai signifikan lebih besar dari 0,05. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 15 Palembang. Kata Kunci : Gaya belajar, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi | |||||||||
Depositing User: | Hj. Eliyani M.M | |||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2024 04:34 | |||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2024 04:34 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1730 |
Actions (login required)
View Item |