Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS V SDN 10 PEMULUTAN SELATAN

VIONA, NOVITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS V SDN 10 PEMULUTAN SELATAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
a. ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa kelas V SDN 10 Pemulutan Selatan. Variabel yang digunakan yakni variabel bebas (x) berupa model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan variabel terikat (Y) berupa kemampuan literasi siswa. penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian berupa True Eksperimental Design dengan tipe Posttest Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan teknik pengambilan sampel berupa teknik sampling jenuh sedangkan populasi yang digunakan yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 14 siswa. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) sedangkan pada kelas kontrol akan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Analisis uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk karena sampel penelitian relatif kecil sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan rumus uji T-Test. Hasil hitung didapatkan nilai ttabel sebesar 2,037 dan dinyatakan thitung > ttabel atau 2,967 > 2,037 dengan derajat kebebasan 32. Jadi berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan signifikan dimana H0 ditolak, sedangkan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan literasi siswa kelas V SDN 10 Pemulutan Selatan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBukman, LianNIDN8883120016
ContributorSonia Anisah, UtamiNIDN0201099401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:48
Last Modified: 20 Nov 2024 03:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item