FARID FAIZUL, HAQ (2024) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI KARANG TENGAH. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (265kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (106kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui andanya pengaruh pemberian reinforcement terhadap hasil belajar IPAS materi teknologi untuk kehidupan di siswa kelas V SD Negeri Karang Tengah. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekseperimen dengan pengaruh pemberian reinforcement terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri Karang Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reinforcement berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Karang Tengah. Hal itu dapat dibuktikan dari nilai rata rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 52,9 dan setelah diberi perlakuan dengan pemberian reinforcement nilai rata-rata hasil posttest meningkat menjadi 80,0 jadi jumlah peningkatan berdasarkan nilai pretest dan posstest sebesar 27,1. Selain itu, melalui pengujian hipotesis dengan uji t hasil yang di peroleh bahwa nilai t = 17,556 dengan df = 27 dan angka sig Atau p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan reinforcement terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Karang Tengah.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:30 | |||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 02:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1572 |
Actions (login required)
View Item |