Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TRUTH OR DARE BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 8 BANYUASIN II

SILVY SHALEHA, YULIANTI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TRUTH OR DARE BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 8 BANYUASIN II. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (57kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (116kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media ular tangga truth or dare budaya lokal pada pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektivitas. Metode penelitian yang digunakan RnD dengan model pengembangan 4D. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, penilaian para ahli, angket dan tes. Data yang telah dikumpulkan menggunakan instrumen-instrumen diatas, kemudian data digunakan untuk mendeskripsikan penilaian kualitas media pembelajaran ular tangga pada materi keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku pada kelas VI SD berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif data itu analisis dengan pertanyaan dari rumusan masalah. Berdasarkan uji coba menunjukan bahwa media ular tangga truth or dare mendapatkan respon positif dari siswa, pada uji coba one to one respon siswa menunjukan persentase 87,5%, sedangkan pada uji coba small group respon siswa menunjukan persentase 83,7%. Berdasarkan hasil validasi dari ke 4 validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa media ular tangga truth or dare di nyatakan “valid” dari persentase memperoleh 88,32% dan dari hasil uji coba n gain uji lapangan menggunakan pretest dan posttest diperoleh 0,75% dinyatakan efektif untuk digunakan dengan demikian pengembangan media ular tangga truth or dare budaya lokal pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 8 Banyuasin II, layak digunakan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLukman, HakimNIDN0022087601
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:47
Last Modified: 22 Oct 2024 04:47
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item