Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT GERAK MANUSIA DAN FUNGSINYA DI SDN 55 GUNUNG KEMALA

PUTRI, KARNIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT GERAK MANUSIA DAN FUNGSINYA DI SDN 55 GUNUNG KEMALA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (59kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (122kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media torso terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 55 Gunung Kemala. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis True experimental desing. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas V.A dan 20 siswa kelas V.B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Penguasaan materi tentang alat/organ gerak manusia dan fungsinya diukur dengan menggunakan tes esay. Tes diberikan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penggunaan media torso pada mata pelajaran IPA materi alat/organ gerak manusia dan fungsinya berjalan dengan baik. (2) setelah data hasil tes awal dan tes akhir dari kedua kelas tersebut dianalissi, akhirnya diperoleh hasil rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 61,5 dan tes akhir 80 sehingga dari rata-rata tes awal dan tes akhir terdapat kenaikan sebesar 30%. Serta rata-rata tes awal kelas kontrol sebesar 60,5 dan tes akhir 71 sehingga rata-rata tes awal dan tes akhir terdapat kenaikan sebesar 17%. Hal ini diperkuat dengan uji perbedaan rata-rata yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,232 > 2,101dan nilai signifikasinya dibawah 0,05 yaitu 0,032 < 0,05. (3) Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media torso terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaan IPA di Sekolah Dasar Negeri 55 Gunung Kemala.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLukman, HakimNIDN0022087601
ContributorErma, YulianiNIDN0221067401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:07
Last Modified: 22 Oct 2024 03:07
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item