Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PERAN GURU DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI SISWA DI SD NEGERI 111 PALEMBANG

Lisa, Meiliana (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI SISWA DI SD NEGERI 111 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (75kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam pelaksanaan Program Gerakan Literasi Siswa di SD Negeri 111 Palembang. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif, melibatkan observasi langsung, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen terkait implementasi program literasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam Gerakan Literasi Siswa berdampak besar pada kesuksesan program, di mana guru tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga menjadi fasilitator kunci dalam meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Saat melibatkan siswa dalam kegiatan literasi, guru berperan sebagai motivator untuk mendorong pembacaan dan penulisan aktif, serta sebagai pemimpin dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Meskipun demikian, temuan penelitian juga menyoroti beberapa tantangan guru, termasuk keterbatasan sumber daya dan waktu, yang dapat mempengaruhi efektivitas implementasi kegiatan literasi. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang peran guru dan hambatan yang dihadapi menjadi dasar untuk perbaikan lebih lanjut dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Siswa di sekolah dasar.Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan dan strategi implementasi program literasi di tingkat sekolah, sehingga dapat meningkatkan peran guru dalam mencapai tujuan Gerakan Literasi Siswa secara lebih efektif. Implikasi temuan ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi pihak sekolah, guru, dan pengambil kebijakan untuk meningkatkan literasi siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIlham Arvan, JunaidiUNSPECIFIED
ContributorMasagus, FirdausUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:51
Last Modified: 21 Oct 2024 02:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item