ANNISA, SYABILA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR BERBASIS METODE MONTESSORI PADA MATERI PERKALIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
COVER + PENGESAHAN.pdf Download (133kB) |
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran papan pintar berbasis metode Montessori yang dikembangkan. Metode yang diterapkan adalah metode penelitian ADDIE (analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Sasaran dalam penelitian ini ialah siswa kelas II SD Negeri 69 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar yang berupa latihan soal. Hasil validasi dari ketiga ahli media dan materi dalam menilai kualiatas media pembelajaran papan pintar berbasis metode Montessori secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Pada uji coba one to one meperoleh rata-rata 94%, uji coba small group memperoleh rata-rata 92,8% dan uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata 91,05% yang secara keseluruhan memperoleh skor 92,61% dengan kategori sangat praktis. Hasil tes latihan soal siswa memperoleh rata-rata 87,05% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media papan pintar berbasis metode Montessori telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:58 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 04:58 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/123 |
Actions (login required)
View Item |