Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLYWOOD DOOR JENIUS KEI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PALEMBANG

Asvera Sefta, Hanifa (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLYWOOD DOOR JENIUS KEI PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Adapun latar belakang dari penelitian tersebut yaitu siswa sulit memahami materi ketika hanya terfokus pada fasilitator yaitu guru, dan buku panduan siswa kelas V SD Negeri 04 Palembang, dimana dalam kegiatan pembelajaran ini guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik sulit memahami materi pembelajaran, dan poster atau gambar yang terdapat di dalam kelas hanya beberapa gambar, tidak dimuat secara jelas berdasarkan materi yang disampaikan, sehingga terdapat peserta didik yang belum memahami makna dari materi yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah diteliti oleh peneliti, dalam pembelajaran ini peserta didik membutuhkan media pembelajaran dalam penerapan materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia. Adapun jyga tujuan dari pengembangan media pembelajaran Plywood Door Jenius Kei pada mata pelajaran IPS khususnya kelas V Sekolah Dasar dimana dalam media tersebut memuat materi pembelajaran. Adapun Model dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana terdapat 5 tahapan yaitu Analyze (Analisis) dimana menganalisis latar belakang, konsep dan juga sumber belajar, Design (Desain/Perencanaan) merupakan tahap merancang produk media pembelajaran, Development (Pengembangan) yaitu tahap pengembangan produk media pembelajaran melalui Validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, Implementation (Penerapan) yakni penerapan media pembelajaran kepada peserta didik dimana juga diterapkan model pengeisian angket soal. Hasil penelitian dari hasil uji validadi ahli materi yaitu 89%, hasil uji validasi ahli Bahasa 90%, dan hasil uji validasi ahli media 89% maka berdasarkan hasil dari uji validasi tersebut layak/valid untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwasanya produk tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBukman, LianNIDN8883120016
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 16 Oct 2024 05:58
Last Modified: 16 Oct 2024 05:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item