Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 154 PALEMBANG

SUARKA, SUARKA (2024) PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 154 PALEMBANG. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
c. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (118kB)
[img] Text
a. Abstrak - Indonesia.docx

Download (14kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (97kB)

Abstract

Kepala Sekolah sejatinya melakukan pendampingan terhadap para guru-guru secara terprogram tentang segala hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah, dari masalah implementasi kurikulum, kompetensi guru sampai kepada sarana dan prasarana penunjang proses pembejaran baik secara kelompok ataupun secara personal. Oleh karenanya seorang Kepala Sekolah harus memiliki keseriusan dalam melaksanakan pendampingan tersebut, terutama pendampingan secara perorangan sebab dengan cara demikian memungkinkan setiap guru dapat dengan leluasa menyampaikan keluhan-keluhan baik yang menyangkut permasalahan pribadi maupun mengayangkut permasalahan peserta didik. Dengan pendampingan secara perorangan privasi guru dapat tetap terjaga. Rumusan masalah tesis ini adalah bagaimana pelaksanaan pendampingan Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 154 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 154 Palembang, telah dilaksanakan dengan baik, meskipun baru pada tahap awal, yaitu dalam tahap jalur Mandiri Belajar dengan kata lain bahwa satuan pendidikan telah menerapkan beberapa prinsip Kurikulum Merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran dan asesmennya, namun tetap menggunakan kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan, yaitu Kurikulum 13. Sehingga dengan demikian pelaksanaan pendampingan Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 154 Palembang sudah dilaksanakan, meskipun penerapannya belum secara utuh pada jalur Mandiri Berubah dan Berbagi. Kata Kunci: Pendampingan Kepala Sekolah, Implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHarapan, EdiUNSPECIFIED
ContributorRosani, MeiliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:57
Last Modified: 10 Oct 2024 01:57
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item