Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN GENDER PADA SD NEGERI 195 PALEMBANG

RATIKA INDAH, SARI (2024) PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN GENDER PADA SD NEGERI 195 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan gender di SD Negeri 195 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas 3 SD Negeri 195 Palembang, yang berjumlah 131 siswa. Sampel yang diambil terdiri dari kelas III.A sebagai kelas eksperimen dimana jumlah siswa sebanyak 35 orang yang menggunakan pendekatan PMRI dan kelas III.D sebagai kelas kontrol dimana jumlah siswa sebanyak 35 orang yang menggunakan konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur. penelitiannya ialah sebagai berikut: 1. Pendekatan PMRI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SD Negeri 195 Palembang. 2. Tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan gender siswa di SD Negeri 195 Palembang. 3. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SD Negeri 195 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorNurlela, NurlelaNIDN0213038601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:39
Last Modified: 02 Oct 2024 02:39
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item