Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Di SMA

Dewi, Fitri Yuliana (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Di SMA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. Cover + lembar pengesahan.pdf

Download (284kB)
[img] Text
1. Abstrak (Indonesia).docx

Download (16kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbantuan sparkol videoscrobe untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di SMA serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efek potensial video pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode Research and Development (R&D) digunakan dengan model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu Rowntree (Tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi). Subjek penelitian yaitu kelas X8 di SMA Negeri 12 Palembang. Objek penelitian yaitu video pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe. Instrumen penelitian antara lain lembar validasi video pembelajaran, angket respon kepraktisan peserta didik, soal Pretest dan Posttest serta angket motivasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 92%. 2) Video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase sebesar 78,5% pada tahap one to one, dan 78,6% pada tahap Small Group. 3) Video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan memiliki efek potensial terhadap keterampilan proses sains dengan rata-rata N-gain 0,58 dikategorikan sedang dan memikiki efek potensial terhadap motivasi belajar siswa dengan rata-rata 61 dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial Sehingga produk yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan pada kegiatan pembelajaran kedepannya. Kata Kunci: KPS, Motivasi Belajar, R&D, Video pembelajaran

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSugiarti, SugiartiUNSPECIFIED
ContributorLefudin, LefudinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:29
Last Modified: 23 Aug 2024 05:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item