Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA

Amaliyah, Rohmawati (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Abstrak (Indonesia).docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Daftra Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning yang valid, praktis dan memiliki efek potensial dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Nurul Iman Palembang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembanag Rowntree yang meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaa, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Dalam menguji kevalidan tekni pengumpulan data menggunakan walkthrough yang meliputi aspek materi, bahasa dan desain dengan memperoleh kevalidan rata-rata sebesar 87,9% dengan kategori sangat valid. Tahap one to one memperoleh rata-rata sebesar 84,7% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap small group memperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan nilai pretest-posttest peserta didik memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,71 dengan kategori sangat tinggi dan analisis minat belajar peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 68,4% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Modul, Problem based learning, Minat belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHakim, LukmanUNSPECIFIED
ContributorLefudin, LefudinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:28
Last Modified: 23 Aug 2024 05:28
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item