Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS PAIRED STORYTELLING PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD

WENNY WALY, YULLAHNA (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS PAIRED STORYTELLING PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER+Lembar Pengesahan.pdf

Download (255kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (99kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi terhadap keterampilan berbicara berbasis paired storytelling pada subtema manusia dan lingkungan siswa kelas V SD Negeri 1 Bubusan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Sementara teknik analisis datanya terdiri dari tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran paired storytelling pada kelas V SD Negeri 1 Bubusan secara keseluruhan tahapan-tahapannya sudah diikuti siswa dengan cukup baik. Selain itu, peran guru kelas V SD Negeri 1 Bubusan dalam model pembelajaran paired storytelling sudah sangat baik dan mendukung proses pembelajaran. Dalam model pembelajaran paired storytelling ini, siswa kelas V SD Negeri 1 Bubusan lebih terlihat aktif dan antusias daripada proses pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan model pembelajaran ini. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang terlihat perubahan sikap dan responnya setelah penerapan model pembelajaran paired storytelling ini. Dimana siswa lebih percaya diri tampil berbicara di depan kelas daripada proses pembelajaran sebelumnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMuhammad, IdrisNIDN0212126801
ContributorMega, PrasrihamniNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:48
Last Modified: 21 Aug 2024 01:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item