Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 232 PALEMBANG

SYAFIRA, SYAFIRA (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 232 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Montessori terhadap kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok. Sampel penelitian ini adalah dua kelas siswa kelas II SD yang dipilih secara acak, satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Montessori. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonrandomized control group pretest-postest. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes membaca sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen dalam kemampuan membaca siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Montessori memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji Independent t-test (uji-t). Berdasarkan hasil penelelitian ini analisis data dan dan pembahasan dibuktikan dengan perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa hasil perhitungan didapatkan nilai sebesar 64,2638 atau > 64 yang artinya metode Montessori berpengaruh digunakan dibandingkan metode konvensional. Dan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil derajat penting 0,000 lebih kecil dari nilai sig 0,05 artinya 0,000 < 0,05. Hasil penelitan ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran Montessori terhadpa kemampuan membaca siswa kelas II SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMasnunah, MasnunahNIDN0219027101
ContributorEndang, SurtiyoniNIDN0202059103
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:21
Last Modified: 20 Aug 2024 06:21
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item