Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI ZOOM MEETING DI SMA YKPP PENDOPO

Anggela, Depi (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI ZOOM MEETING DI SMA YKPP PENDOPO. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. cover dan lembar pengesahan.pdf

Download (122kB)
[img] Text
a.abstrak.docx

Download (23kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam membantu mengatasi kesulitan belajar siswa melalui zoom meeting di SMA Ykpp Pendopo. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 Pendidik yang terdiri dari Guru Bimbingan dan Konseling dan Guru Mata Pelajaran dan Sampel di dalam penelitian ini adalah 9 perserta didik. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis, metode ini diartikan ditujukan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek peneliti. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan, bahwa kesulitan belajar siswa memberikan dampak negatif terhadap kesulitan belajar siswa pada dasarnya perserta didik sebenarnya mampu untuk belajar. Fenomena kesulitan belajar merupakan salah satu yang menjadi dampak terhadap prestasi belajar perserta didik menjadi rendah baik yang datang dari diri sendiri maupun lingkungan terdekat perserta didik. Penyebab kesulitan belajar yang dialami perserta didik dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar perserta didik yang rendah. Kesulitan belajar ini tidak selalu disebabkan karena faktor inteligensi yang rendah ( kelainan mental ), akan tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor – faktor non – intelegensi. Dengan demikian, IQ yang tinggi belum tentu menjamin mendapatkam keberhasilan belajar. Kata kunci : Guru Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFauzi, TatyUNSPECIFIED
ContributorSurtiyoni, EndangUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:11
Last Modified: 20 Aug 2024 06:11
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item