Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 1 LAIS

ISLAMIYAH, WAHYUNI (2022) PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 1 LAIS. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
c. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.docx

Download (41kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memiliki dampak positif dan negatif yang besar terhadap kehidupan manusia. Salah satu dampak negatif dimaksud adalah meningkatnya kecenderungan siswa menunda-nunda pekerjaan dengan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat di luar kegiatan akademik. Fenomena tersebut ditunjukkan dengan kebiasaan siswa yang menghabiskan waktu berjam-jam menonton televisi, mengakses jejaring sosial, bermain game online, dan mengakses situs-situs dewasa sebelum mereka belajar. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik siswa dan keefektifan pendekatan rational emotive behaviour therapy dalam menurunkan prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri 1 Lais. Ruang lingkup penelitian ini mencakup pada “pendekatan rational emotive behaviour therapy untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas VII”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Experimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VII.1 sebanyak 15 siswa SMP Negeri 1 Lais, Musi Banyuasin Tahun Ajaran 2021/2022, yang memiliki kategori sedang pada skor prokrastinasi akademik. Analisis data yang digunakan adalah dengan wilcoxson signed rank test dengan bantuan aplikasi SPSS 16. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari test statistics di dapat nilai Z hitung adalah -3,420 Sedangkan nilai Z tabel yang diperoleh dari tabel Z dengan Alpha 5% Atau 0,05 nilainya sekitar 0,361. Karena Z hitung > Z tabel yaitu -3,420 > 0,36. Maka hipotesis nol diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan rational emotif behavior therapy dapat dijadikan alternatif untuk membantu siswa yang memiliki masalah prokrastinasi akademik. Kata Kunci : Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy, Prokrastinasi Akademik Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPutri, Ramtia DarmaUNSPECIFIED
ContributorSari, Syska PurnamaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:02
Last Modified: 19 Aug 2024 03:02
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item