Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V

NIKEN AYU, PARADLA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. cover dan pengesahan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
1.abstrak indo niken.pdf

Download (116kB)
[img] Text
6. BAB 1 niken.pdf

Download (155kB)
[img] Text
14.DAPUS NIKEN.pdf

Download (39kB)

Abstract

Pembelajaran materi Daur Air dan Peristiwa Alam ini membutuhkan model pembelajaran yang kontekstual dimana anak usia sekolah dasar belajar dengan model yang. Penelitian ini bertujuan menegatahui adakah Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran IPA Kelas V. Penelitian ini menggunkan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan rencana penelitian nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas SD Negeri 195 Palembang. Sample pada penelitian ini adalah kelas V C dengan jumlah peserta didik 28 peserta didik sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas V A dengan jumlah peserta didik 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegaiatan penelitian ini adalah test dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent simple t-test. Pada hasil pretets-posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan Model problem based learning, analisis data yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, setelah melakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan Model Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLukman, HakimNIDN0022087601
ContributorLefudin, LefudinNIDN0207078601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:34
Last Modified: 15 Aug 2024 02:34
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item