Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA PADA MATERI KEBERGAMAN KELAS III SDN 144 PALEMBANG

IRA, ERISTI (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA PADA MATERI KEBERGAMAN KELAS III SDN 144 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
a. ABSTRAK- Indonesia.pdf

Download (116kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan kerjasama peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental posttest only control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan kerjasama pada materi keberagaman kelas III SD Negeri 144 Palembang. Jumlah nilai hasil observasi pada kelas eksperimen adalah 86% dengan kategori (sangat baik) sedangkan jumlah nilai hasil observasi pada kelas kontrol adalah 60% dengan kategori (cukup). Instrumen angket juga menunjukkan perbandingan hasil dengan nilai rata ̵ rata kelas ekperimen yaitu 58,17 dan 48,23 pada kelas kontrol, hasil angket kemampuan kerjasama peserta didik kelas eksperimen yaitu sebesar 1745 sedangkan hasil angket kemampuan kerjasama pada kelas kontrol yaitu sebesar 1447. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji Independet T test diperolah hasil sig (2 ̵ tailed) 0,000 < 0.05 yang berarti Hₐ diterima, dengan hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan kerjasama pada materi keberagaman kelas III SD Negeri 144 Palembang”. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Project Based Learning efektif untuk digunakan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
ContributorAllen Marga, RettaNIDN0226038901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:00
Last Modified: 19 Jul 2024 04:00
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item