Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SEKOLAH DASAR

IRGA, TRIANI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS III SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (107kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Pop Up Book pada pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar dibandingkan dengan hasil belajar siswa ketika tidak menggunakan media Pop Up Book. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah Lebung Itam, dengan subjek berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data data menggunakan pretest-posttest yang masing-masing terdiri dari 12 soal pilihan ganda. Uji prasyarat melalui uji normalitas menggunakan uji shapiro wilk. Hasil uji normalitas soal pretest sebesar 0,080 > 0,05 dan soal posttest sebesar 0,133 > 0,05 sehingga data dalam keadaan normal. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test berbantuan SPSS 25 dengan nilai 0,001 < 0,05. Jadi, Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDarwin, EffendiNIDN0225127301
ContributorNoviati, NoviatiNIDN0201116901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:04
Last Modified: 12 Aug 2024 04:04
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item