Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Etika, Junitasari (2024) PENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER - Lembar Pengesahan.pdf

Download (281kB)
[img] Text
A. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (107kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)

Abstract

Media konkret merupakan media berupa benda nyata yang ada di sekitar yang dipergunakan untuk perantara menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran IPA pada materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, metode yang digunakan yaitu Quasi experimental design dengan jenis posttest only control design. Sampel yang digunakan yaitu cluster sampling pada kelas V.A berjumlah 24 siswa dan kelas V.C berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t yaitu independent sample t-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai sig 2-tailed diperoleh nilai 0,000 < 0,05 artinya terdapat nilai signifikan. Kemudian untuk nilai thitung = 3,770 > ttabel = 1,677 berdasarkan kriteria pengujian hipotesis jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media konkret terhadap hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorA., HeryantoNIDN0219038601
ContributorSunedi, SunediNIDN0203058801
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 10 Aug 2024 03:05
Last Modified: 10 Aug 2024 03:05
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item