Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI MATH GAMES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

ELSA, MAYORI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI MATH GAMES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER DAN PENGESAHAN ELSA.pdf

Download (500kB)
[img] Text
A. ABSTRAK BAHASA INDONESIA ELSA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Kiemampuan bierpikir kritis adalah suatu priosies idientifikasi dari biebierapa asumsi yang mienggabungkan piengietahuan siebielumnya siehingga miempieriolieh piengietahuan yang rielievan untuk mienggienieralisasi situasi matiematis siecara riefliektif yang mieliputi piemiecahan masalah, pierumusan kiesimpulan, pierhitungan kiemungkinan sierta piembuatan kieputusan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Math Games terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan rancangan penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 143 Palembang berjumlah 113 peserta didik. Sampel pada penelitian di bagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvesional dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis dengan bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent simple t-test. Pada hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Math Games, analisis data yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi setelah melakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Math Games terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV sekolah Dasar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaNIDN0020037201
ContributorTreny, HeraNIDN0219019101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 10 Aug 2024 03:03
Last Modified: 10 Aug 2024 03:03
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item