Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Alya Nur, Ulfa (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (110kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Menyimak dan proses belajar sangat erat kaitannya, jika siswa menyimak dengan baik maka penyampaian informasi pada saat belajar semakin bagus dan siswa semakin paham. Tetapi, jika siswa kurang menyimak dengan baik maka, informasi yang disampaikan tidak maksimal. Kadang siswa kurang semangat dan fokus saat menyimak. Maka dari itu, untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait pembelajaran khususnya dalam kegiatan menyimak, dibutuhkan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa mampu memfokuskan atensinya pada pembelajaran secara menyeluruh. Dalam hal ini peneliti menggunakan media boneka tangan sebagai alat bantu siswa untuk belajar, khususnya pada kegiatan menyimak cerita. Dengan menggunakan media boneka tangan siswa diharapkan mampu untuk menyimak cerita dengan lebih bersemangat dan fokus pada cerita yang disampaikan. Dengan bentuk yang menarik, media boneka tangan juga dapat meningkatkan imajinasi siswa saat menyimak certa, sehingga siswa mampu memahami dengan baik isi cerita atau bahan simakan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II sekolah dasar dengan menggunakan metode pre-experimental design, khususnya one group pretest-posttest design. Dengan jumlah populasi sebanyak 135 siswa, sampel penelitian ini terdiri dari 18 siswa kelas II berjumlah 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, yang dipilih dengan teknik purposive sampling di SD IT Insan Rabbani Lahat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji paired-sample t-test. Data keterampilan menyimak dikumpulkan melalui tes pretest sebelum perlakuan menggunakan media boneka tangan, dan tes posttest setelah perlakuan. Hasil yang didapatkan dari nilai pretest dengan rata-rata nilai 58,33 dan nilai rata-rata posttest 85,55. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak siswa sigifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa taraf signifikansi α = 0,005 (5%). Sig. (2-tailed) <0,005 sehingga H_0 ditolak dan H_aditerima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak siswa di kelas II SD IT Insan Rabbani Lahat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIlham Arvan, JunaidiNIDN02023088902
ContributorMasagus, FirdausNIDN0226098202
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 10 Aug 2024 02:03
Last Modified: 10 Aug 2024 02:03
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item