Vella, Agustin (2024) PENGARUH MEDIA FOLDING PAPER CRAFTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 141 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. cover + lembar pengesahan.pdf Download (274kB) |
|
Text
A. abstrak indonesia.pdf Download (121kB) |
|
Text
F. BAB 1.pdf Download (182kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh media folding paper crafts terhadap hasil belajar matematika kelas V Sekolah Dasar 141 palembang materi bangun ruang dikarenakan hasil belajar Matematika kelas V pada materi bangun ruang masih rendah di buktikan dengan nilai setengah dari populasi di kelas V masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media folding paper crafts terhadap hasil belajar matematika kelas V pada Sekolah Dasar 141 Palembang. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif eksperimen. Desain penelitian menggunakan true experimental design Posttest- Only control design. Hasil lembar observasi keaktifan peserta didik dari penelitian di dapatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan media folding paper crafts memiliki nilai sebesar 92% dalam katagori sangat aktif. Hasil penelitian hasil belajar menunjukkan bahwa data yang diperoleh nilai Posttest kelas Eksperimen menunjukkan hasil rata-rata sebesar 74,81 sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata hanya 56.29. Berdasarkan uji normalitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang normal. Berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen, kemudian berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai sig. (2-tailed) dengan uji-t adalah 0,000. Karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05, dan nilai thitung 4.497 > ttabel 1.674. Dengan demikian Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data tes, dapat disimpulkan terdapat pengaruh setelah diberikan perlakuan menggunakan media folding paper crafts terhadap hasil belajar Matematika kelas V pada Sekolah Dasar 141 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2024 07:11 | |||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2024 07:11 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/608 |
Actions (login required)
View Item |