Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 125 PALEMBANG

DESTRIA AYU, RIFANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 125 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (311kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (103kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode True Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 72 siswa dan sampelnya terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 37 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 semester genap. Peneliti menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kreatif yang sudah dinyatakan layak digunakan karena sudah memenuhi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis Independent Sample t-test hasil nilai posttest diperoleh nilai signifikansi 0,000 < α (α = 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Negeri 125 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaNIDN0020037201
ContributorNugroho, NADNIDN0213118702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:03
Last Modified: 08 Oct 2024 07:03
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item