CINDY MONICA, SARI (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 06 SUNGAI PINANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (367kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (97kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (235kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi dongeng di SD Negeri 06 Sungai Pinang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Sampel penelitian ini ada 40 siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes. Dengan hasil belajar siswa pada tes akhir posttest kelas ekperimen dengan metode bermain peran, yang memiliki nilai rata-rata 75,50 dari 20 siswa sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 56,50 dari 20 siswa. Kelas eksperimen dan kontrol memiliki nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 yang artinya kedua data tersebut berdistribusi normal. Nilai signifikansinya yang 0,233 > 0,05, yang menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa SD pada materi dongeng maka Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar siswa SD pada materi dongen tersebut dapat dikatakan homogen dan uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,032 < 0,05, Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Hₒ ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi dongeng.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:01 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:01 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/522 |
Actions (login required)
View Item |