Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PECAHAN SEKOLAH DASAR

Rizki Ayu, Afrianti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PECAHAN SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bussy Book yang valid, praktis dan efektif bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 20 orang. Media pembelajaran Bussy Book yang dikembang menggunakan model ADDIE, yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar walkrough, lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik dan tes. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Bussy Book yang merupakan media cetak. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan angket validasi ahli, analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik dan analisis keefektifan dengan menggunakan lembar tes peserta didik. Hasil analisis data pengembangan media pembelajaran Bussy Book berbasis kontekstual materi pecahan sekolah dasar yang dilakukan peneliti yang telah dikembangkan bahwa dikategorikan valid dari lembar angket validasi dengan ratarata kevalidan sebesar 3,7 %, media pembelajaran Bussy Book yang telah dikembangkan dikategorikan praktis dari lembar angket respon peserta didik dalam uji coba dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 97,8 % dan juga media pembelajaran Bussy Book materi pecahan yang dikembangkan efektif dari hasil tes dengan nilai rata-rata keefektifan sebesar 87,75 %. Akhirnya disimpulkan media pembelajaran Bussy Book layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN001808671
ContributorArief, KuswidyanarkoNIDN0217039001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:34
Last Modified: 19 Jul 2024 03:34
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item